Tips Yang Perlu Dilakukan Saat Mendapat Order Pasang Tenda

Tips Yang Perlu Dilakukan Saat Mendapat Order Pasang Tenda
Jika anda seorang pemula dalam urusan pemasangan tenda dekorasi atau juga non-dekorasi / plafon, biasanya anda menemukan masalah saat mendapatkan klien yang bertanya mengenai ukuran tenda yang seharusnya mereka gunakan untuk acara yang akan mereka adakan.

Namun yang harus menjadi pedoman ialah menanyakan ukuran bidang tanah / lokasi untuk pemsangan tenda dan tanyakan pula keadaan lokasi—apakah ada pohon, kabel listrik dan tiang. Karena mengetahui ukuran adalah penting untuk menentukan ukuran tenda dan faktor apa saja yang diperlukan.

Tetapkan aturan minimum order sewa tenda pesta

Selain menanyakan harga per-meter dari tenda kepada anda, anda juga harus memiliki aturan minimum order kepada calon klien. Karena anda harus pula menghitung biaya operasional untuk pengiriman dan pemasangan.

Semisal anda calon klien yang ingin menyewa tenda dekorasi Rp 60.000/meter dengan ukuran hanya 10 meter.

Jadi Rp 60.000 x 10 meter = Rp 600.000. Jika anda menyanggupinya, maka kemungkinan besar anda akan tekor.

Anda harus mempertimbangkan ongkos pengiriman dan pengambilan tenda, semisal tempat tenda anda di Jakarta Timur dan acara si klien di Jakarta Barat, berarti anda harus mengirim dari Jakarta Timur ke Jakarta Barat.

Dari sini anda sudah bisa membayangkan ongkos bolak-balik bisa memakan biaya hingga 100 ribu lebih dan belum lagi anda harus membayar para pemasang tenda.

Apalagi jikalau anda menyewa mobil, yang bisa memakan biaya hingga Rp 300.000 – an. Belum lagi jikalau pengiriman dan pengambilan tendanya selang satu hari. Semisal pengirimannya hari Sabtu, pengambilannya hari Minggu, maka anda harus menyewa mobil 2 hari, jikalau sehari 250.000 maka 2 hari menjadi Rp 500.000.

Oleh karenanya anda harus mengenakan minimum order. Jikalau si pemesan ingin sewa tenda pesta dekorasi maka anda kenakan minimum order 60 meter.

Jadi Rp 60.000 (Harga permeter) x 60 meter = Rp 3.600.000.

Nah dengan adanya minimum order ini anda akan memiliki cadangan dana untuk berbagai keperluan seperti bayar pemasang tenda, untuk kendaraan (pengiriman dan pengambilan) dan biaya operasional lainnya.

Namun anda bisa menetapkan sendiri minimum order-nya, sesuai kebutuhan anda bisa melakukan improvisasi. Misalkan si pemesan hanya butuh 20 meter tenda, maka jika Rp 60.000 x 20M = Rp. 1.200.000, maka anda bisa membulatkan menjadi Rp 2.000.000 sebagai minimum ordernya.

Perhitungan minimum order merupakan hal fleksibel, tidak baku, lakukan perhitungan order dengan hasil yang tidak rugi buat anda.

Selanjutnya, anda juga harus melakukan survey ketempat acara. Karena tidak jarang bahwa ukuran bidang yang di sebutkan calon klien ternyata tidak sesuai dengan tenda yang dibutuhkan.

Oleh karenanya lakukan survey terlebih dahulu. Terapkan survey jikalau si klien mengatakan bahwa luas areanya lebih dari 50 meter.

Jikalau dibawah 50 meter, cukup minta difotokan saja dan tanya apakah ada pohon atau kabel listrik di sekitar area tempat pemasangan tenda.

Menghitung ukuran tenda dibutuhkan

Jikalau area pemasangan diatas 50 meter, maka hitung dengan cermat kira-kira berapa tenda yang dibutuhkan. Misalkan areanya berukuran 12m x 14m =  168m. Maka dibutuhkan tenda berukuran 168m.

Nah anda sudah mendapatkan informasi jelas mengenai menentukan ukuran tenda untuk disewakan kepada klien untuk acara mereka agar tepat dan tidak merugikan siapapun. Oleh karenanya jangan lupa untuk survey, bawa peralatan untuk mengukurnya, analisa bidang tanah / lokasi tempat tenda dipasang.